Ada Aplikasi yang Tidak Mau Beroperasi !!!

      Saya sendiri tidak tahu harus diberi judul apa untuk postingan kali ini, tapi yang pasti kejadian hari ini cukup membuat saya kelabakan mencari-cari artikel yang dapat menunjukkan jalan keluar terhadap masalah yang saya hadapi ini.

Lalu apa masalahnya ... ?

      Sore 24 Januari 2016, kira-kira jam 16.00 waktu saya sedang asik-asiknya bermain game Plant vs Zombie 2 tiba - tiba muncul tulisan di layar yang isinya bahwa handphone Android saya telah siap untuk diupgrade. Karena penasaran dengan Android Marshmallow (versi lawas saya Android Lolipop), akhirnya saya setuju untuk memperbaruinya. Smartphone saya otomatis mati dan memulai versi penginstallan Android Marshmallow 6.0. Tidak begitu lama, kurang lebih 30 menit (dalam catatan saya menggunakan wifi rumah). Setelah selesai maka smartphone langsung mati lagi, masuk kedalam proses booting, dan penyempurnaan serta penyiapan OS Android untuk berkerja dan beradaptasi dengan aplikasi saya yang jumlahnya tidak terlalu banya.

Dag Dig Dug
      Sepertinya kok lumayan lama ya ...
Serius deg-deg an sekali saya, takutnya ntar malah error dan takut kenapa-kenapa smartphone saya. Maklumlah barang ini masih baru dan saya beli dengan uang saya hasil freelancer online.

OS Android sudah terupgrade menjadi Marsmallow 6.0 :D
Tapi tunggu .. tunggu sebentar ...

      Dan benar ...
Foto-foto langsung terhapus semua
Lagu dan rekaman coveran cowokku juga terhapus semua
Kinerja smartphone terlihat melambat
Dipojok kiri bawah ada aplikasi yang tidak berjalan (this app isn't working ada gambar androidnya)
Notifikasi Google Play Service yang minta diupdate (this app won't run you unless you update Google Play Service)

Benar-benar membuat bingung ...

Oke, kita selesaikan satu-satu dengan bantuin internet, browser, dan tentu saja Google :)

  • Pertama pastikan dulu memori smartphone mencukupi, bersihkan semua cache aplikasi karena cache pada tiap-tiap aplikasi yang terhubung dengan internet akan berkontribusi untuk memakan memori, kebetulan memori saya masih 7 GB.
  • Kedua update Google Play Service, karena aku berpikir mungkin adanya aplikasi yang tidak jalan ini disebabkan Google Play Service yang versi lawas. Caranya update adalah dengan membuka setting > application > Google Play Service > Storage > Manage Space >  Clear All Data (bagian paling bawah). Setelah ini Google Play Service akan otomatis berada pada versi awal, dan selanjutnya silahkan buka Google Play Store > My Apps > Update Google Play Service dan tunggu hingga proses update selesai, kurang lebih membutuhkan memori 40an MB
  • Ketiga maka notifikasi Google Play Service yang meminta untuk update versi terbaru akan hilang :) Karena yang kita miliki adalah Google Play Service versi terbaru,
      Kemudian saya melihat ke bagian pojok kiri bawah layar kembali ...
Kenapa masih ada aplikasi yang tidak berjalan !?
Kenapa gambar android yang kalau ditekan akan keluar tulisan "This app isn't working" masih ada !?
Kenapa masih slow respond !?

      Aduh ... serius ini membuat saya bingung ...
Malamnya, ketika cowok saya menelpon aku utarakan sekalian masalahku ini
"Didowngrade aja yang ... dari Marsmallow didowngrade ke Lollipop"
Dan ketika kami bersama-sama mencari caranya downgrade, dan pakai acara install ini itu di laptop lalu dihubungkan ke smartphone dengan usb, aku mengurungkan niatku.

   Hingga akhirnya 25 Januari 2016 jam 16.00 saya berniat melakukan "Factory Reset" pada smartphoneku, dimana dengan melakukan ini intinya semua rekam jejak kita selama menggunakan smartphone akan terhapus.

      Saya reset, prosesnya lumayan lama dan membuat deg-deg an lagi ...
Please jangan salah lagi please ...

      Dan akhirnya setelah melewati proses booting yang lumayan ... Akhirnya smartphoneku kembali, tidak slow respond lagi dan "This app isn't working" tidak muncul ... Syukurlah

      Beberapa aplikasi otomatis terinstall lagi, tetapi ada juga yang terpaksa harus diinstall manual.
Untuk file-file foto kenangan, udah dibackup sebelumnya :)

    Ada satu masukan bagi kamu yang ingin melakukan Upgrade, jangan lupa untuk melakukan BackUp karena itu adalah hal yang sangat penting. Untuk aplikasi BackUp sama menggunakan CM BackUp yang otomatis akan mem-backup kontak, sms, log panggilan, kalender dan foto :)

1 komentar:

Posting Komentar